Gaji Upah Pengelola dan Perancang Database - bloghrd.com



Perancang database dan pengurus rancangan bertanggung jawab dalam mengembangkan, mengawasi, memelihara, dan mendukung kemampuan optimal serta keamanan database di Indonesia. Tugas utama mereka adalah merancang dan mengelola struktur database yang efisien dan handal, sehingga memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk menyimpan dan mengelola data dengan baik.

Sebagai perancang database, mereka harus memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Pendidikan formal yang relevan seperti gelar sarjana dalam bidang teknologi informasi, ilmu komputer, atau bidang terkait lainnya menjadi syarat utama untuk dapat menjalankan peran ini dengan baik. Selain itu, mereka juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang konsep dan prinsip database, serta keterampilan dalam penggunaan berbagai platform database seperti MySQL, Oracle, atau SQL Server.

Pengelola dan perancang database juga memiliki tanggung jawab dalam mengawasi dan memelihara database yang ada. Mereka harus mampu melakukan pemantauan secara reguler untuk memastikan kinerja database tetap optimal. Jika terdapat masalah atau kegagalan pada database, mereka harus dapat mengidentifikasi dan memperbaikinya dengan cepat. Selain itu, mereka juga harus dapat mengoptimalkan database agar dapat menangani jumlah data yang semakin besar dan kompleks.

Keamanan database juga menjadi perhatian utama bagi pengelola dan perancang database. Mereka harus dapat mengimplementasikan langkah-langkah keamanan yang tepat untuk melindungi data yang tersimpan dalam database. Hal ini meliputi pengaturan hak akses, enkripsi data, serta perlindungan terhadap serangan dan ancaman keamanan lainnya.

Selain tugas-tugas tersebut, gaji yang diterima oleh pengelola dan perancang database juga menjadi pertimbangan penting. Dalam beberapa tahun mendatang, mayoritas dari mereka di Indonesia dapat memperoleh gaji antara IDR2,255,715 dan IDR8,718,755 per bulan pada tahun 2023. Namun, bagi mereka yang masih pemula, upah bulanan berkisar antara IDR2,255,715 hingga IDR4,261,182. Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan meningkat menjadi antara IDR2,760,246 dan IDR6,216,335 per bulan.

BACA JUGA :  Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Yang Mudah

Dengan begitu, menjadi pengelola dan perancang database bukan hanya tentang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi juga membutuhkan pengalaman yang cukup untuk mendapatkan gaji yang layak. Dalam industri teknologi informasi yang terus berkembang pesat, kemampuan dalam merancang, mengelola, dan menjaga keamanan database merupakan keahlian yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, bagi mereka yang berminat dan memiliki minat dalam bidang database, dapat melihat peluang yang menjanjikan di masa depan.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com