Informasi Syarat, Cara Daftar Program Payroll Bank Mandiri - bloghrd.com

Perkembangan teknologi memungkinkan sejumlah bank di Indonesia menyediakan layanan payroll untuk membantu perusahaan dan tim HR dalam mengelola gaji karyawan, salah satunya adalah payroll Bank Mandiri.

Bank Mandiri meluncurkan Program Pembukaan Rekening Payroll Secara Online sejak Juni hingga Desember 2020.

Program tersebut memungkinkan nasabah membuat rekening tabungan untuk payroll dengan mekanisme pembukaan secara daring atau online.

Artinya, para nasabah tidak perlu datang ke Cabang Bank Mandiri untuk membuatnya, melainkan hanya perlu meng-klik link khusus atau scan QR unik yang diberikan Bank Mandiri menggunakan mobile browser yang ada di ponsel. Sangat praktis, bukan?

Artikel Talenta kali ini akan membahas serba-serbi program payroll Bank Mandiri yang wajib diketahui HR.

Persyaratan Sistem Payroll Bank Mandiri

Informasi Program Payroll Bank Mandiri Yang Wajib Diketahui HR

Ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh perusahaan mitra payroll dan karyawannya untuk dapat membuka rekening tabungan payroll secara online di Bank Mandiri.

Bagi perusahaan:

Bank Mandiri akan mengirimkan surat penawaran terkait program tersebut, dan pihak perusahaan harus menandatangani surat konfirmasi dan mendapatkan informasi berupa QR unik/Link khusus, koder referal cabang dan kode marketing dari Bank Mandiri.

Bagi karyawan:

Karyawan dari perusahaan mitra payroll yang ingin membuat rekening payroll haruslah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia.

Mereka juga harus memiliki Kartu Tanpa Penduduk (KTP) yang tercatat pada Data Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Indonesia (Dukcapil).

Selain itu, warga tersebut juga belum pernah menjadi nasabah Bank Mandiri.

BACA JUGA :  Manfaat Pelatihan SDM Sumber Daya Manusia Bagi Karyawan Perusahaan

Dokumen yang Diperlukan saat Pembukaan Sistem Payroll Bank Mandiri

Karyawan atau calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan payroll Bank Mandiri harus mempersiapkan sejumlah berkas sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli.

Nomor identifikasi untuk melakukan kewajiban pajak sesuai UU perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Pembuatan NPWP dapat dilakukan secara offline melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat atau secara online melalui situs DJP Online.

  1. Tanda tangan di atas kertas putih.
  2. Selain dokumen di atas, diperlukan pula nomor ponsel dan alamat email yang aktif.

Baca Juga : 5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM

Perhatikan Hal Ini dalam Pembukaan Sistem Payroll Bank Mandiri

Perhatikan Hal Ini dalam Pembukaan Sistem Payroll Bank Mandiri

Saat membuka rekening payroll Bank Mandiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para calon nasabah, di antaranya sebagai berikut:

Cara mengakses QR Code Unik/Link Khusus 

QR code unik atau link khusus yang diberikan oleh Bank Mandiri untuk pembukaan rekening hanya bisa diakses menggunakan mobile browser atau ponsel.

Artinya, kode atau link tersebut tidak bisa diakses melalui browser di perangkat komputer atau laptop.

Kriteria Browser yang Harus Digunakan

  • Untuk perangkat dengan sistem operasi iOS (iPhone), browser yang digunakan yaitu Safari dan optimum di versi 12 ke atas.
  • Untuk perangkat dengan sistem operasi Android, browser yang digunakan yaitu Google Chrome dan optimum berjalan di versi 70 ke atas.

Waktu Pelayanan Program Pembukaan Rekening Payroll

Program Pembukaan Rekening Secara Online dapat dilakukan dalam 7 hari sepekan dan 24 jam sehari. Namun, untuk proses verifikasi melalui video call dengan Staff Mandiri Call Video Banking hanya dapat dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB.

BACA JUGA :  Sanksi Pidana atas Pelanggaran UU Ketenagakerjaan

Baca Juga : Prosedur Pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Penyampaian Dokumen Pembukaan Rekening Payroll Bank Mandiri

Calon nasabah dapat menyampaikan dokumen persyaratan untuk membuka rekening payroll.

Seperti KTP asli, NPWP asli, foto diri dengan KTP asli dan tanda tangan di atas kertas putih dengan memfotonya langsung menggunakan kamera ponsel.

Nantinya foto-foto tersebut akan diunggah/submit saat pengisian data rekening pada laman pembukaan rekening online Bank Mandiri.

Pastikan foto yang diambil tepat dan tampak jelas.

Proses Verifikasi Data Pembukaan Rekening Payroll Bank Mandiri

Karena dilakukan secara online, proses verifikasi data dilakukan dengan panggilan video call antara calon nasabah dan Customer Service Bank Mandiri.

Di tahap ini, CS akan melakukan verifikasi terhadap data yang telah diinput oleh Calon Nasabah.

Agar prosesnya lancar, pastikan ponsel berada dalam jangkauan jaringan 3G/4G.

Kapan Rekening Payroll Aktif

Rekening payroll otomatis akan aktif setelah Nasabah melakukan proses verifikasi dengan Staff CS Video Banking, melakukan tanda tangan secara elektronik (Privy ID), dan membuat PIN SMS banking sampai dengan nomor rekening muncul di layar Nasabah, dan email konfirmasi pembukaan rekening berhasil.

Informasi nomor Rekening dan Nomor Kartu Debit

Setelah proses pembukaan rekening payroll bank mandiri selesai, Nasabah dapat melihat nomor rekening dan nomor kartu debit.

Informasi perihal nomor rekening dan nomor Kartu Mandiri Debit juga akan dikirimkan ke alamat email Nasabah yang terverifikasi.

Penyetoran ke Rekening Payroll

Nasabah dapat melakukan setoran melalui transfer ke rekening online (dari rekening Bank Mandiri maupun dari Bank Lain), melalui mesin setor tunai (Cash Deposit Machine), mesin setor/ tarik tunai (Cash Recycle Machine) dan melalui Teller di cabang Bank Mandiri terdekat.

Jika Nasabah tidak melakukan setor tunai dalam waktu 30 hari kalender sejak pembukaan rekening berhasil, maka rekening akan tutup secara otomatis.

BACA JUGA :  Contoh Cara Membuat Surat Pemberhentian Kerja

Baca Juga : Dari Pengertian Hingga Instrumen: Pentingnya Memahami Kebijakan Moneter

Penerbitan dan Pembuatan Pin Kartu Debit

Apabila proses pembukaan rekening payroll secara online berhasil dilakukan, kartu debit akan dikirimkan ke alamat yang ditentukan oleh masing-masing calon Nasabah.

Jika nasabah sudah menerima Kartu Mandiri Debit fisik,  bukalah laman https://join.bankmandiri.co.id lalu pilih menu ‘Aktivasi Kartu Debit’.

Lakukan validasi data-data pribadi untuk melakukan proses aktivasi kartu dan pembuatan PIN Kartu Debit.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembukaan rekening payroll Bank Mandiri.

Periksa kembali dengan cermat data-data yang diinput saat proses pembuatan rekening untuk menghindari terjadinya kesalahan.

Program rekening payroll dari Bank Mandiri ini sangat memudahkan perusahaan dalam mendistribusikan gaji karyawan.

Selain proses yang cepat, perhitungannya juga sangat akurat.

Biaya Payroll Perusahaan Lewat Bank Mandiri

Anda dan perusahaan Anda dapat memilih pembayaran melalui sistem elektronik Mandiri Cash Management atau mengirimkan softcopy data gaji ke pihak Bank Mandiri.

Biaya Terjangkau

Biaya transaksi murah, mulai dari Rp2.500,-

Payroll Bank Mandiri Mandiri Cash Management Jasa Payroll Package
Mekanisme Dilakukan oleh nasabah melalui website MCM Nasabah mengirimkan softcopy data gaji ke Bank Mandiri
Biaya Per Transaksi Mulai Rp2.500,- Mulai Rp2.500,-
Rekening Penerima Gaji
  • Rekening Bank Mandiri
  • Mix (rekening Bank Mandiri dan bank lain)
  • Rekening Bank Mandiri
Perintah Pembayaran Upload melalui website MCM dengan instruksi: Standing instruction, atau Immediate Pengiriman data gaji pada waktu yang ditentukan di hari kerja pembayaran.

Baca Juga : Apa Fungsi Utama Software HR Dalam Menjalankan Bisnis Anda?

Untuk urusan payroll, sebaiknya gunakan software HR sebagai solusi bagi perusahaan Anda.

Ada banyak aplikasi HRIS yang memiliki fitur payroll terbaik di luar sana, sehingga proses pengelolaan gaji dan urusan HR lainnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Pilih saja aplikasi HRD yang berbagai fitur canggih seperti payroll management time and attendance management, untuk memenuhi kebutuhan perusahaan perihal masalah administrasi personalia.


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com