Hindari Miss Communication Dengan Memahami Istilah-istilah Ini Dalam Ekonomi

Sebagai manusia, Anda tidak dapat hidup sendiri. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, lalu apa artinya? Artinya manusia tidak dapat hidup sendiri karena manusia pada dasarnya akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya.

Fakta ini juga tidak terlepas dari kebutuhan manusia untuk berinteraksi. Interaksi atau pada hal ini disebut sebagai interaksi sosial yang dalam KBBI online diartikan sebagai hubungan sosial yang dinamis antara orang perseorangan dan orang perorangan, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok.

Merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Lalu apa yang menjadi dasar dari interaksi sosial manusia? Salah satu dasar utama atau unsur utama terjadinya interaksi adalah komunikasi. Begitupun dalam dunia ekonomi.

Sebagai bagian dari masyarakat, Anda secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari ekonomi itu sendiri.

Komunikasi dalam ekonomi dapat berarti istilah-istilah yang berkaitan dengan ekonomi yang harus Anda pahami agar tidak terjadi miss communication pada interaksi Anda.

Sebelum memahami lebih lanjut tentang istilah-istilah ekonomi, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu tentang komunikasi.

Hindari Miss Communication Dengan Memahami Istilah-istilah Ini Dalam Ekonomi

Hindari Miss Communication Dengan Memahami Istilah-istilah Ini Dalam Ekonomi-trading-computers-screens-with-charts-bitcoin-chain-stock-savings-decentralized-gold-invest-growth_t20_ywwgQa

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan pengertian, jenis, fungsi dan juga tujuan dari komunikasi.

Pengertian Komunikasi

James A. F. Stoner mengartikan komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.

Dan John R. Schermerhorn dkk. mengartikan komunikasi sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima simbol-simbol yang berarti bagi kepentingan mereka.

Para ahli lain seperti Nurjaman dan Umam mendefinisikan komunikasi sebagai kata yang mencakup segala bentuk interaksi dengan orang lain yang berupa percakapan biasa, membujuk, mengajar, dan negosiasi.

Selain itu, komunikasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

Jenis-jenis Komunikasi

Secara umum, komunikasi dapat dibagi menjadi dua. Yaitu komunikasi verbal dan nonverbal, dengan penjelasan sebagai berikut:

Komunikasi Verbal

Jenis yang pertama dari komunikasi adalah komunikasi verbal, jenis komunikasi ini merupakan jenis komunikasi yang paling umum.

Ciri yang utamanya adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak dengan menggunakan bahasa.

Komunikasi Nonverbal

Sedangkan jenis komunikasi nonverbal merupakan kebalikan dari komunikasi verbal.

Komunikasi nonverbal bisa terjadi jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh orang atau kelompok yang berkomunikasi maka komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu.

BACA JUGA :  Definisi dan Contoh Cara Menyusun Jurnal Penyesuaian

Baca Juga : Bisnis Internasional : Pentingnya Memahami Sistem Ekonomi Tiap Negara

Fungsi Komunikasi

Fungsi dari komunikasi sangat berkaitan dengan satu sama lain meskipun terdapat suatu fungsi yang dominan yang terbagi atas empat bagian, yaitu:

  • Komunikasi Sosial

Komunikasi sebagai komunikasi sosial memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup seseorang, mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri dan memiliki dorongan untuk berinteraksi.

  • Komunikasi Ekspresif

Komunikasi sebagai media untuk menyalurkan perasaan-perasaan, pada fungsi ini komunikasi yang terjadi dapat berupa seni yang mencakup lukisan, tarian, maupun musik.

  • Komunikasi Ritual

Komunikasi ritual yang biasanya dilakukan secara kolektif, suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup yang disebut para antropologis.

  • Komunikasi Instrumental

Komunikasi berfungsi sebagai instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.

Tujuan Komunikasi

Menurut Effendy, terdapat tiga tujuan sentral dari komunikasi:

  • To Secure Understanding

Tujuan yang pertama adalah membuat pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima pesan dengan baik.

  • To Establish Acceptance

Jika penerima pesan sudah dapat menerima pesan dengan baik, maka penerima pesan harus dibina agar penerimaan tersebut menjadi pemahaman.

  • To Motivate Action

Yang terakhir adalah motivate action yang bertujuan untuk memotivasi kegiatan yang telah dikomunikasikan sebelumnya.

Pengertian Miss Communication

Setelah memahami tentang pengertian, jenis, fungsi, dan tujuan dari komunikasi, Anda juga akan diberikan informasi mengenai hambatan-hambatan yang terjadi pada proses komunikasi.

Kenapa memahami hal ini menjadi penting?

Karena hambatan inilah yang memunculkan adanya kesalahpahaman atau miss communication.

Menurut Ruslan, terdapat empat hambatan dalam komunikasi yaitu:

  • Hambatan Dalam Proses Penyampaian (Sender Barriers)

Hambatan ini biasanya ada dikarenakan pemberi pesan atau komunikator memahami materi pesan dengan baik sehingga penerima pesan tidak dapat memahami informasi yang disampaikan. Hambatan ini bisa terjadi karena rendahnya tingkat penguasaan bahasa, pendidikan, dan intelektual.

  • Hambatan Secara Fisik (Physical Barries)

Sarana fisik dapat juga menjadi hambatan dalam berkomunikasi, misalnya pendengaran yang kurang tajam sehingga tidak dapat menangkap informasi dengan lebih jelas sehingga pesan-pesan yang diberikan menjadi tidak efektif.

  • Hambatan Semantik (Semantik Pers)

Hambatan dalam segi semantik (bahasa dan arti perkataan), yaitu adanya perbedaan pengertian dan pemahaman antara pemberi pesan dan penerima pesan tentang satu bahasa, istilah atau lambang. Berdasarkan hambatan-hambatan tersebut, kemungkinan untuk terjadinya kesalahpahaman atau miss communication menjadi semakin tinggi.

Miss communication adalah kesalahan pengertian sehingga menghasilkan respon yang berlawanan dengan tujuan atau maksud yang diharapkan.

Baca Juga : Pentingnya Memahami Sistem Ekonomi Bagi Warga Negara

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi-difficult-financial-situation_t20_V7jXwG

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kita sebagai masyarakat secara tidak langsung telah menjadi bagian dari ekonomi itu sendiri, istilah ekonomi juga pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘Okios’ yang berarti keluarga atau rumah tangga dan ‘Nomos’ yang berarti peraturan atau hukuman.

Sehingga secara harfiah, ekonomi dapat diartikan sebagai manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga.

BACA JUGA :  Pentingnya Memahami Sistem Ekonomi Bagi Warga Negara

Lalu apa manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi? Dengan mempelajari ilmu ekonomi, Anda dapat memprediksi kebutuhan konsumen atau masyarakat kedepannya.

Hal ini dikarenakan ilmu ekonomi pada dasarnya hadir karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhi.

Hasil perkiraan tersebut nantinya dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan bisnis, menentukan harga, kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, dan bahkan kebijakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Manfaat dan Kerugian Revaluasi Aset, Wajib Diketahui!

Istilah-istilah Dalam Ekonomi

Pada artikel ini, Anda akan dijelaskan mengenai istilah-istilah yang ada pada ekonomi agar memudahkan Anda memahami dan mempelajari ilmu ekonomi.

Lalu juga bisa meminimalisir kemungkinan adanya miss communication yang dikarenakan hambatan dalam proses penyampaian maupun hambatan semantik yang biasanya terjadi karena perbedaan pengertian dan pemahaman akan suatu istilah-istilah tertentu.

Aggregate Supply

Merupakan istilah yang menggambarkan total nilai barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Aggregate Demand

Istilah ekonomi yang menggambarkan jumlah belanja yang direncanakan atau diinginkan dalam suatu perekonomian secara keseluruhan dalam suatu perekonomian selama periode tertentu.

Aktivitas Investasi

Istilah ekonomi ini dikenal dengan perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Aktivitas Operasi

Merupakan sebuah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Aktivitas Pendanaan (Financing)

Aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.

Akun

Sering dikenal sebagai catatan individu mengenai kenaikan atau penurunan masing-masing pos dalam golongan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.

Akuntansi

Istilah yang cukup umum dalam dunia ekonomi, istilah ini juga memiliki cabang ilmu tersendiri.

Sering disebut sebagai seni pencatatan, pengkasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian.

Amortisasi

Diartikan sebagai alokasi sistematis jumlah tersusutkan suatu aset tidak berwujud selama masa manfaatnya.

Anggaran Berimbang

Kemudian ada anggaran berimbang yang menunjukkan total belanja sama dengan total penerimaan.

Anggaran Struktural

Anggaran ini akan terjadi pada saat perekonomian bekerja pada output.

Apresiasi

Menunjukkan naiknya mata uang dalam negeri terhadap valuta asing di pasar valuta asing. Atau sering disebut dengan apresiasi.

Arbitrase

Dikenal juga sebagai spekulasi tanpa resiko.

Arus Kas

Bisa juga disebut sebagai arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas.

Aset

Merupakan sumber daya yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomis di masa depan dari aset tersebut diharapkan diterima oleh entitas.

Aset dapat terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Aset Kontinjensi, aset potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidaknya suatu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.
  2. Aset Korporat, akan menjadi aset selain goodwill yang berkontribusi terhadap arus kas masa depan baik dari unit penghasil kas yang sedang ditelaah maupun unit penghasilan kas lain.
  3. Aset Moneter, yaitu kas dimiliki dan aset yang akan diterima dalam bentuk kas yang jumlahnya pasti atau dapat ditentukan.
  4. Aset Tidak Berwujud, dikenal sebagai suatu aset non moneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik.
  5. Aset Tetap, merupakan golongan aset dengan perhitungan umur ekonomis lebih dari satu tahun seperti tanah, mesin, bangunan, peralatan, dan kendaraan.
BACA JUGA :  Menghitung Pendapatan Nasional

Average Product

Kemudian ada produk rata-rata, yaitu produk total atau output total dibagi oleh kuantitas dari satu jenis input,

Average Revenue

Penerimaan total dibagi oleh jumlah unit total yang dijual yaitu penerimaan unit.

Balance of Trade

Atau neraca perdagangan adalah bagian dari neraca pembayaran yang merinci impor dan ekspor barang berwujud.

Bank Komersial

Merupakan lembaga perantara keuangan yang berfungsi untuk menerima simpanan giro.

Bank Sentral

Sebuah badan atau instansi pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pengendalian peredaran uang dan kondisi perkreditan nasional.

Barter

Salah satu cara perdagangan dimana barang ditukar dengan barang lainnya.

Biaya Bunga

Kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti yang timbul selama suatu periode karena periode tersebut semakin dekat dengan penyelesaian.

Biaya Jasa Kini

Kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja dalam periode berjalan.

Biaya Marjinal

Merupakan tambahan dalam jumlah biaya yang diperlukan untuk menghasilkan satu tambahan unit output.

Biaya Minimum

Adalah biaya per unit terendah yang mungkin dicapai.

Baca Juga : Integrasi Ekonomi ASEAN untuk Ekspansi Perluasan Pasar

Budget Line

Garis di suatu grafik yang sumbu-sumbunya menggambarkan kombinasi barang yang bisa dibeli oleh konsumen.

Bursa Efek

Merupakan suatu tempat diperjualbelikannya efek-efek atau tempat bertemunya pihak yang menawarkan dan pihak yang memerlukan dana jangka panjang.

Cadangan Bank

Adalah bagian atas simpanan masyarakat di bank yang harus disimpan di bank sentral tanpa menerima bunga.

Clearing Market

Merupakan suatu pasar dimana harga-harga cukup fleksibel untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan dalam waktu singkat.

Debit

Suatu pertambahan dalam aktiva atau pengurangan pada pasiva.

Deflasi

Penurunan tingkat harga secara umum.

Deposito Berjangka

Dana yang disimpan di bank dan hanya dapat ditarik kembali setelah suatu jangka waktu tertentu.

Giro

Adalah simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya, atau dengan cara pemindahbukuan.

Goodwill

Dikenal sebagai suatu aset yang mencerminkan manfaat ekonomi masa depan yang timbul dari aset lainnya yang diperoleh dalam kombinasi bisnis yang tidak dapat diidentifikasi secara individual dan diakui secara terpisah.

Harga Pokok Penjualan

Merupakan jumlah biaya yang terjadi untuk memperoleh suatu pendapatan atau memproduksi barang yang akan dijual, termasuk biaya angkut.

Kebijakan Akuntansi

Prinsip, dasar, konvensi, peraturan, dan praktik tertentu yang ditetapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Kewajiban

Kewajiban kini entitas yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya diperkirakan mengakibatkan pengeluaran sumber daya entitas.

Kliring

Transaksi lalu lintas pembayaran yang dimaksudkan untuk memudahkan penyelesaian hutang piutang antar bank yang timbul dari transaksi.

Itulah beberapa istilah-istilah dalam ekonomi yang harus Anda ketahui, semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.