Apa Fungsi Utama Software HR Dalam Menjalankan Bisnis Anda?

Apa fungsi utama aplikasi program software HR dalam menjalankan bisnis anda?

Salah satu pilar penting di dalam sebuah perusahaan adalah departemen SDM, karena tim di dalam departemen SDM perusahaan memiliki tanggung jawab pada kelangsungan dan pengembangan karyawan sebagai salah faktor insani sebuah perusahaan.

Fungsi Utama Tim SDM

Terdapat fungsi utama tim SDM pada sebuah perusahan menurut yaitu:

  • Staffing/Employment

Fungsi ini terdiri dari tiga aspek penting yaitu perencanaan, penarikan dan seleksi karyawan.

Tim SDM perusahaan bertugas untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan karyawan dengan cara melakukan kalibrasi bersama departemen lain dalam menentukan deskripsi dan spesifikasi pekerjaan.

  • Evaluasi Kerja

Pada fungsi ini, tim SDM bertugas untuk mengumpulkan data-data yang valid dan akurat dari keseluruhan aspek yang berkaitan dengan karyawan seperti feedback dari setiap atasan dan rekan kerja, serta data absensi pada software HR yang dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas waktu dalam bekerja pada masing-masing karyawan.

Baca Juga : Fungsi, Jenis, Pengertian Sistem Informasi Manajemen Adalah?

Apa Fungsi Utama Software HR Dalam Menjalankan Bisnis Anda!?

  • Payroll System

Gaji merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh tim SDM sebuah perusahaan karena salary atau gaji dan benefit lainnya sangat berkaitan dengan kesejahteraan karyawan.

Karena karyawan-karyawan potensial yang merasa kesejahteraannya diperhatikan perusahaan akan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Banyak karyawan yang bekerja dan memiliki ekspektasi untuk bisa meningkatkan kemampuannya baik softskill maupun hardskill.

Oleh karena itu, tim SDM berfungsi untuk bisa memfasilitasi pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan karyawan sehingga karyawan tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik dan memenuhi ekspektasi dari karyawan itu sendiri.

  • Hubungan Karyawan

Seperti pada hubungan lainnya, dalam hubungan kerja juga pasti akan ada konflik yang hadir.

BACA JUGA :  Aplikasi Shift Kerja Permudah Atur Sistem Kerja Karyawan!

Baik itu antara pekerja, pekerja dengan atasan, atau pekerja dengan perusahaan yang bisa dipantau dengan menggunakan software HR.

Fungsi tim SDM dalam hal ini adalah sebagai mediator yang mampu melakukan negosiasi untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Fungsi lainnya dari tim SDM adalah memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Karena itulah tim SDM harus membuat sebuah program atau pelatihan keselamatan kerja bagi karyawan sebagai tindakan pencegahan dan memberikan jaminan kesehatan berupa asuransi rawat jalan dan rawat inap bagi setiap karyawan.

  • Recruiting Kandidat Potensial

Penting untuk tim SDM khususnya tim recruitment untuk bisa melakukan seleksi dan menemukan kandidat-kandidat potensial dan menempatkannya pada tempat atau posisi yang tepat.

Right man on the right place merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan tim SDM dalam menjalankan fungsi ini.

Baca Juga : Cara, Manfaat, Proses Penilaian Evaluasi Kinerja Karyawan

Latar Belakang Kenapa Bisnis Harus Menggunakan software HR

Latar Belakang Kenapa Bisnis Harus Menggunakan software HR

Dalam menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan di atas, tim SDM tentu mengalami banyak masalah yang terjadi terkait dengan karyawan.

Salah satu aspek yang cukup menyita waktu dalam pekerjaan tim SDM adalah proses administrasi pada data-data karyawan, khususnya perusahaan-perusahaan yang memiliki karyawan yang cukup banyak jumlahnya.

Di bawah ini adalah beberapa 5 masalah yang sering muncul pada tim SDM sebuah perusahaan adalah:

  1. Dokumen yang tidak beraturan dan terlalu banyak
  2. Proses administrasi yang kurang efisien
  3. Perhitungan gaji dan pajak yang sulit
  4. Database karyawan yang tidak akurat dan berantakan]
  5. Pengelolaan data absensi karyawan rumit

Berangkat dari permasalahan-permasalahan tersebut, ada banyak software HR yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan tersebut yang dapat membuat pekerjaan tim SDM menjadi lebih mudah.

Anda bisa menggunakan Software HR Indonesia yang berbasis Cloud dan menyasar perusahaan-perusahaan dengan jumlah karyawan beragam serta memiliki tujuan untuk dapat mengefisiensikan waktu kerja tim SDM dengan fitur-fitur yang tersedia pada software ini.

Baca Juga : Aplikasi Data Pegawai Ini Mempermudah Kinerja UKM

Fitur-Fitur Software HR Yang Wajib Ada

Untuk dapat memenuhi tujuan tersebut, software HR harus memiliki fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai hal secara otomatis dan jauh lebih mudah daripada dilakukan secara manual.

BACA JUGA :  3 Cara Teknologi Membantu Administrasi HR Saat Pandemi

Fitur-fitur tersebut seperti manajemen payroll, pembayaran payroll, manajemen waktu dan administrasi HR.

  • Manajemen Payroll: Jalankan Proses Payroll Tanpa Ribet

Pada fitur Manajemen Payroll yang dimiliki software HR , proses payroll perusahaan Anda akan dipermudah dengan otomatisasi sistem yang ada.

Penghitungan payroll yang sudah terintegrasi akan memudahkan tim SDM untuk menghitung gaji karyawan secara otomatis, baik itu dalam mata uang Indonesia maupun mata uang asing dan Anda dapat melakukan beberapa cut-off dalam satu bulan.

Selain itu Anda akan merasakan kemudahan dalam menghitung perpajakkan karyawan, karena fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih status perpajakkan karyawan dan mengatur pajak yang akan dikenakan seperti Gross, Gross Up, Netto, atau Pajak Mix.

Sehingga perhitungan PPh 21 maupun PPh 26 menjadi lebih mudah dan dapat diperbaiki saat terjadi kesalahan.

Hal penting lainnya yang dapat dilakukan oleh software HR adalah pengelolaan BPJS, baik itu BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan.

Pengelolaannya tentu akan dipermudah karena dengan software HR , Anda dimungkinkan untuk dapat memiliki beberapa NPP (Nomor Pokok Perusahaan) untuk membedakan karyawan berdasarkan tingkat kecelakaan kerja di setiap NPP.

Software HR dapat juga membantu Anda untuk menghitung THR dan bonus karyawan secara otomatis, dalam perhitungan THR ini juga terdapat fungsi prorata untuk memudahkan Anda menghitung jumlah THR yang harus diterima karyawan baru bergabung dalam hitungan hari atau bulan.

Baca Juga : Rumus Excel Lengkap Untuk Permudah Kerja HRD

  • Hitung dan Bayar Payroll Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi Program Software HR

Software HR memungkinkan Anda untuk dapat melakukan pembayaran payroll kepada setiap karyawan Anda dengan mudah dan secara otomatis yang sudah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki software HR tersebut.

Selain itu Anda juga dapat melakukan transfer sesuai dengan jadwal yang Anda tentukan sendiri, fitur ini akan meminimalisir kemungkinan gaji dan insentif yang seharusnya diterima karyawan Anda terlambat diberikan.

Bila Anda ragu apakah pembayaran payroll sudah diterima karyawan Anda atau belum, Anda dapat memonitor status pembayaran pada dasbor laporan transfer yang sudah terupdate secara real-time.

Dan yang lebih penting lagi, transfer multi bank pada software ini bebas biaya tau gratis!

BACA JUGA :  Efektifkah Penerapan Absensi Online Karyawan Pada Perusahaan?

Baca Juga : Kenapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Software Payroll

  • Kelola Absensi Karyawan Lebih Akurat Dengan Aplikasi Program Software HR

Sekarang Anda tidak perlu mengumpulkan data absensi karyawan secara manual karena software HR dapat melakukannya secara otomatis yang akan mempercepat dan mempermudah pekerjaan Anda dan meminimalisir tingkat kesalahan yang dapat terjadi karena human error.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa data absensi karyawan sangat berguna dalam perhitungan payroll untuk karyawan maupun sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi jumlah jam kerja karyawan Selain data absen.

Anda juga dapat mengatur kebijakan lembur karyawan sesuai dengan peraturan yang diterapkan di perusahaan maupun kebijakan yang ditetapkan pemerintah.

Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan perhitungan lembur tersebut dengan pembayaran payroll pada karyawan.

Tidak terbatas pada data absensi dan juga lembur, Anda dapat menyederhanakan proses pengambilan cuti karyawan.

Tidak lagi dengan proses manual yang memakan waktu lama, dengan software HR proses cuti dapat diselesaikan dengan cepat dan hanya dengan satu klik.

Baca Juga : Aplikasi Shift Kerja Permudah Atur Sistem Kerja Karyawan!

  • Kelola Administrasi Perusahaan Lebih Mudah dan Rapi Dengan Aplikasi Program Software HR

Bukan rahasia lagi kalau tim SDM perusahaan selalu berurusan dengan data-data karyawan yang tidak sedikit jumlahnya, bila sebelumnya data-data tersebut disimpan secara manual dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehilangan data atau data yang dibutuhkan sulit untuk dicari.

Dengan software HR, Anda dapat menyimpan data secara digital dan memudahkan Anda untuk mencari data yang Anda butuhkan.

Hal ini akan memudahkan proses onboarding karyawan karena data-data penting yang dibutuhkan sudah tersedia secara online dan dapat diakses kapan saja dibutuhkan oleh tim SDM perusahaan Anda.

Fitur-fitur tersebut tentu akan memudahkan tim SDM pada perusahaan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

Selain dapat mengefisiensikan waktu pada pekerjaan tim SDM, Anda juga dapat mendapatkan data-data karyawan yang dibutuhkan untuk menganalisis kinerja karyawan Anda.

Baca Juga : Apa Keuntungan Menggunakan Software Absensi Online


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *